BUDAYA KHAS DARI NEGARA NORWEGIA

Tari Halling


Halling (hallingdansen) adalah tarian rakyat (bygdedans) yang secara tradisional dilakukan di pedesaan Norwegia, meskipun versi halling juga dapat ditemukan di beberapa bagian Swedia [rujukan?]. Tarian ini secara tradisional dilakukan oleh pria muda di pesta pernikahan dan pesta.

Halling adalah tarian cepat (95-106 bpm) dalam 6
8 atau 2
4 itu termasuk akrobatik, kompetisi atletik antara penari. Hallingdans dapat digambarkan sebagai tarian akrobatik ritmis dan terdiri dari beberapa langkah yang membutuhkan kekuatan dan kelembutan. Tarian ini dikaitkan dengan lembah dan distrik tradisional Valdres dan Hallingdal, di mana ia sering disebut sebagai laus (tarian longgar). Istilah ini mengacu pada itu menari sendiri, bukan pada pasangan (meskipun menari halling berpasangan adalah tradisional di bagian barat negara). Menurut beberapa cendekiawan, kata itu mungkin merujuk pada fakta bahwa tarian itu "setengah" dari pertunjukan, sementara separuh lainnya adalah springar (setelah mode suite dansa Renaissance).

Meteran tarian adalah 2, 4 atau 6, 8 dari yang cukup cepat (95-106 bpm), kualitas tajam yang membutuhkan musisi yang berpengalaman. Musisi harus memberikan dorongan yang cukup kepada penari untuk melakukan berbagai gerakan menantang yang terlibat dalam tarian seperti nakkespretten (lompat leher), kruking (menari doyan), hodestift (berjalan di atas kepala) dan terutama kast (lemparan) . Penari Olav Thorshaug melakukan pertunjukan hallingdans di Amerika Serikat sekitar tahun 1910-1920, menggabungkan headspin dalam tariannya.

Salah satu gerakan tarian disebut hallingkast. Dalam gerakan ini, seorang gadis secara tradisional memegang topi tinggi menggunakan tongkat atau sesuatu yang serupa, dan penari seharusnya menendang ke bawah topi. Kast dipandang sebagai ujian kekuatan, yang melibatkan menendang topi yang dipegang sekitar 230 hingga 280 cm di atas lantai. Beberapa gadis telah mampu menari sendiri, dan dikenal gesit seperti pria mana pun.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA KHAS DARI NEGARA BELANDA

BUDAYA KHAS DARI NEGARA RUSIA