BUDAYA KHAS RIAU

Tari Joget Lambak 



Joget lambak atau joget dangkung adalah salah satu tarian melayu yang cukup terkenal di daerah kepulauan Riau. Konon, tarian ini sudah ada sejak zaman dahulu. Nama joged dangkung konon berasal dari bunyi-bunyian yang keluar dari alat musik pengiring tarian yaitu: gendang yang berbunyi “dang” dan gong yang berbunyi “gung”. Lepas dari itu, katanya juga, kesenian yang memadukan unsur tari, musik, dan nyanyi yang tumbuh subur di perkampungan nelayan ini dikenal sejak abad ke-17, dengan nama Joged Tandak atau Joged Lambak.

Kesenian ini biasanya dipergelarkan atau dipentaskan pada malam hari, sekitar pukul 20.000 WIB sampai dengan tengah malam. Sedangkan saat-saat pementasannya, biasanya ketika ada upacara di lingkaran hidup individu (perkawinan dan khitanan), sengaja mengadakan pertunjukan keliling (sekarang tidak pernah ada lagi), dan mengisi acara suatu peringatan agar menjadi lebih semarak. Misalnya, peringatan hari-hari besar agama (Islam), hari-hari besar nasional Indonesia (terutama hari kemerdekaan Indonesia), atau event-event khusus lainnya.

Joget lambak merupakan tarian yang mengungkapkan kegembiraan. Kesenian ini memadukan tiga unsur ungkapan perasaan gembira manusia, yaitu tarian dengan gerakan-gerakan yang lincah, musik dengana irama cepat, dan lagu-lagu dengan syair untuk bersenang-senang. Joget lambak mudah dimainkan sehingga sering digunakan untuk menyambut tamu.

Kostum yang dipakai penari adalah kostum penari melayu. Penari laki-laki memakai baju kurung cekak,  kain songket, plekat, dan kopiah. Penari perempuan mengenakan baju kurung labuh, kain songket, kain samping, anting-anting, kalung, serta sanggul rambut lipat pandan.

Alat musik yang digunakan adalah alat musik yang lazin digunakan ddalam orkes melayu. Seperti rebana, akordion, kompang, serunai, biola, gambus, dan lainnya. Sedangkan lagu-lagu yang dinyanyikan adalah lagu irama joget, seperti Dondang Sayang, Tanjung Katung, Anak Kala, Serampang Laut, dan lainnya.
Gerakan-gerakan dalam joget lambak lebih banyak menggunakan  gerakan kaki. Baik itu melangkah ke samping, ke depan, maupun berputar.  Dengan iringan musik yang bertempo cepat dan lagu yang gembira,  membuat kesenian joget lambak ini  menjadi tarian pesta yang menyenangkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA KHAS DARI NEGARA BELANDA

BUDAYA KHAS DARI NEGARA NORWEGIA

BUDAYA KHAS DARI NEGARA RUSIA